fbpx

JOIN US IN

IAAS LC UNPAD

IAAS LC Unpad didirikan pada tanggal 22 Maret 1994. Kami memiliki 5 departemen yaitu Public Relation and partnership department, Project Department, Human Resource Development, Exchange Departement, dan Science Technology Department. Kami juga memiliki banyak program seperti Village Concept Project, Agroschooling, dan Exchange Program baik Nasional maupun Internasional seperti IAAS Goes to Embassy, National Exchange Program, International Exchange Program, World Congress dan masih banyak lagi.

“The organization is a way for people to find us, deal with us and know how we operate”- Mitchell Baker.

 

TIMELINE PENDAFTARAN

LOCAL COMMITTEE EVENTS

Agroschooling

Agroschooling merupakan program yang bertujuan untuk mengenalkan dunia pertanian dan lingkungan dengan kegiatan yang edukatif dan menyenangkan kepada anak-anak SD. Tujuan dari program ini adalah menanamkan pandangan anak-anak tentang kontribusi pertanian di masa depan. Kami memberikan kesadaran dan pemahaman kepada siswa tentang pertanian sederhana dan modern seperti hidroponik, aquascape, dan terarium. Kami mendorong mereka untuk bersenang-senang sambil mendidik mereka tentang peran penting pertanian di dunia.

Village Concept Project

Program VCP IAAS LC Unpad saat ini bernama “Ngajungjung Cinanjung”. Program ini berfokus pada kewirausahaan sosial berdasarkan peningkatan keterampilan para peserta. Dengan melakukan beberapa seminar dan lokakarya pendidikan, kami mendorong masyarakat pedesaan untuk mengeluarkan potensi mereka dengan menggunakan kearifan lokal mereka sendiri. Program ini menawarkan manfaat dua arah, dengan melakukan kegiatan sosial kita juga dapat mempelajari kearifan lokal mereka. Saat ini desa yang kami bina adalah Desa Cinanjung, Sumedang dan bekerja sama dengan Kelompok Wanita Tani Malati Asih.

Organization Visit

Program ini berkolaborasi dengan organisasi non-profit yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan organisasi dan bertukar pikiran tentang pelaksanaan program kerja masing-masing organisasi serta memperkuat kerjasama untuk memperkuat eksistensi organisasi. Visit yang sudah pernah dilakukan yaitu berkunjung ke Kebun Kumara, SPE Unpad, dan IAAS LC UGM.

Exchange Program Nasional

Program ini merupakan kegiatan tahunan utama dari IAAS Indonesia yang ditawarkan untuk mahasiswa yang ingin belajar dan memahami lebih lanjut tentang pertanian dan ilmu terkait di tingkat nasional melalui kegiatan magang atau internship di perusahaan, umkm, maupun project desa. Dalam program ini, mahasiswa menerapkan dan memanfaatkan keterampilannya serta merasakan suasana pertukaran budaya antar Local Committee IAAS di seluruh Indonesia.

Citrong

Citrong merupakan pengembangan usaha lokal berbasis kegiatan sosial melalui kerjasama dengan Kelompok Wanita Tani (KWT) Mentari dengan IAAS LC Unpad. Kami berkolaborasi dengan mengoptimalkan terong untuk membuat produk jajanan lokal yang disebut “Citrong: Cheesestick Terong” hasil yang diharapkan dari program ini adalah untuk mendukung pembangunan ekonomi yang berkelanjutan bagi petani melalui pemanfaatan komoditas lokal.

IAAS Goes To Embassy

Melalui program kunjungan ini, kedutaan besar negara akan memberikan informasi tentang sistem pertanian, beasiswa, kehidupan budaya dan sosial di negara mereka. Hal yang kami harapkan dari terselenggaranya acara ini adalah para peserta lebih mengetahui sistem pertanian di negara tersebut dan memiliki keinginan untuk melanjutkan studinya di negara tersebut. Kunjungan yang pernah kami lakukan yaitu ke kedutaan Belanda dan Jepang.

FOLLOW IAAS LC UNPAD ON SOCIAL MEDIA