fbpx
IAAS SUMMIT 2021: Facing the challenges of digitizing technology in the agricultural sector in Indonesia to reduce the impact of climate change
December 19, 2021
Press Release Article : #PakaiSampaiHabis, Aksi Nyata Mendukung Sustainable Beauty
June 8, 2022

IAAS NATIONAL WORKSHOP 2021: Improve The Marketing Strategy of Product by Implementing Green Businesses

Hasil penelitian Syarif (2008) menyimpulkan bahwa terbatasnya kemampuan UMKM dalam mengakses informasi untuk mempromosikan produk UMKM. Sebagai upaya untuk meningkatkan pertumbuhan usaha kecil perlu dipelajari karakteristik serta permasalah yang dihadapi oleh UMKM (Winarni, 2006). Berdasarkan permasalahan tersebut dan kesesuaian antara tujuan dari IAAS Indonesia dengan peran sociopreneur, maka diselenggarakan IAAS National Workshop yang bertema “Innovative marketing strategies to support village comumunitie’s sustainable business” dengan tujuan meningkatkan ketertarikan dan pemahaman bahwa sektor UMKM yang dikembangkan didesa dapat menjadi bisnis layak dan berkelanjutan dengan memilih strategi marketing tepat.

Pelatihan ini dilaksanakan pada tanggal 2 & 16 oktober 2021 diikuti oleh perwakilan dari IAAS Local Committee (LC), Desamind Indonesia, UKM Pelita UNEJ dan RKIM UB. Turut hadir dalam acara ini Inti Putri Madinah sebagai Vice Director of Partnership, Gracella Amaris sebagai National Director of IAAS Indonesia, Amanda Restu Hamirani, Campaign Manager sebagai panelis dari Evo & Co. Tujuan diadakannya workshop ini adalah untuk membantu memetakan masalah-masalah yang dihadapi oleh desa binaan dan diharapkan setelah mengikuti workshop ini dapat menemukan solusi dari masalah-masalah yang dihadapi. 

IAAS National Workshop dilaksanakan di dua tanggal berbeda dan setiap tanggal memiliki agenda berbeda. Acara pada tanggal 2 oktober 2021 dibuka oleh Nur Adinda Laraswati, dan dilanjutkan sambutan oleh Inti Putri Madinah, Ia menyampaikan bahwa tahun ini Village Concept Project (VCP) menempuh banyak rintangan karena pandemi, namun semuanya tidak pernah berhenti mencari solusi untuk memajukan VCP, Ia juga berterima kasih kepada Evo & Co  yang mau berkolaborasi bersama IAAS Indonesia dan kepada teman-teman LC yang terus bersemangat memajukan VCP. lalu agenda selanjutnya adalah penjelasan mengenai materi Improve The Marketing Strategy of Product by Implementing Green Businesses. Beliau menyampaikan mengenai gambaran Green business dan manfaat menerapkan green business yaitu menyelamatkan lingkungan, pengeluaran lebih hemat dan terjadinya dan menambah nilai dari produk yang dijual. selain itu kak amanda juga memberikan beberapa strategi marketing green business agar bertahan di pasaran.

Agenda National Workshop pada pada tanggal 16 oktober dilakukan presentasi & FGD yang dihadapi LC dan komunitas pada desa binaan sebagai output dari acara ini untuk membantu permasalahan di desa binaan. Acara ini dibuka oleh Bagas Ardianto, presentasi hanya dilakukan oleh 5 terbaik dalam penugasan yaitu IAAS LC IPB, IAAS LC UGM, IAAS LC UNPAD, Desamind Indonesia dan UKM Pelita UNEJ. melangkah ke sesi selanjutnya FGD.  sesi tersebut peserta dibagi dalam 3 room untuk berdiskusi mengenai study case yang dibuat oleh panitia mengenai permasalahan desa binaan. Akhir kalimat, terima kasih banyak atas semua pihak yang terkait dalam acara national workshop ini, semoga semua tujuan untuk terus memajukan VCP dapat berjalan dengan baik dan semakin memicu semangat untuk terus berkembang. Sampai Jumpa di IAAS National Workshop tahun 2021

IAASIndonesia
IAASIndonesia
International Association of Students in Agricultural and Related Sciences (IAAS) is the World Biggest Student Association in The Field of Agriculture and Related Sciences. IAAS was founded in 1957 and started with only 8 member countries.For the last 60 years, IAAS has grown into a big organization with 53 member countries and more than 10,000 active members. IAAS Indonesia was found by Mr. Arif Satria on December 29th 1992. By the year of 2020, IAAS Indonesia has 11 Local Committees across the country with more than 1200 active members.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *