fbpx
National Strategic Meeting 2021
April 14, 2021
Website Class 2021
May 29, 2021

PARTNERSHIP ACADEMY 2021: Maximizing Online Platform For Sustainable Partnership

Partenrship Academy 2021 adalah sebuah kelas seri pembelajaran mengenai partnership yang dihadiri oleh tim partnership 11 Local committee IAAS Indonesia. Tahun ini Partnership Academy mengusung tema Maximizing Online Platform For Suistainable Partnership. Acara ini diadakan pada 18, 24 dan 25 April 2021, menggunakan platform zoom. Partnership Academy diadakan secara tiga kali dengan tema, konsep dan pembicara yang berbeda setiap sesinya. Acara ini turut dihadiri oleh National Director IAAS Indonesia Gracella Amaris dan Inti Putri Madinah sebagai Vice Director of Partnership.

Partnership academy #1 mengusung topik Creating a Good Partnership Comunication. Dengan spesial pembicara Edward Collind (social manager at traveloka) dan dimoderatori oleh  Inti Putri madinah, sesi 1 ini memiliki konsep talkshow dengan membahas mengenai apa saja hal yang terpenting dalam mencari partner, menurut Edward Collind “salah satunya adalah dengan menguasai konsep acara yang akan ditawarkan, riset info sedalam mungkin mengenai partner yang akan kita ajak bekerjasama agar sesuai dengan tujuan acara yang kita buat serta komunikasi dengan baik (make them as a friend)”. Dipaparkan juga tips agar partner lebih responsive.  Menurutnya dalam masa pandemic seperti ini untuk mencari partner merupakan hal yang cukup sulit sehingga dibutuhkan suatu kreativitas acara online agar partner percaya dan mau bekerjasama. Setelah sesi talkshow dilanjutkan dengan sesi QnA lalu Focus Group Discussion (FGD) dalam breakout room untuk membahas study case mengenai partnership. Hasil diskusi kemudian dipresentasikan dan di review oleh pembicara para peserta begitu antusias memaparkan hasil brainstorming bersama kelompoknya.

Sesi Talkshow oleh Edward Collind
Presentasi study case hasil FGD

Partnership Academy #2 dilanjutkan pada tanggal 24 April 2021 dengan topik Reaching out partners in this uncertainty era. Menghadirkan pembicara Putu Kana Narayan sebagai Vice Director Of Partnership IAAS Indonesia 2020-2021 dan dimoderatori oleh Haryo tetuko. Memberikan banyak insight mengenai reaching out partners in this uncertainty era. Banyak hal yang disampaikan diantaranya mengenai administrasi partnership, Pitching partner serta tips & trik agar partner mau diajak bekerjasama. Tidak hanya materi peserta diberi tantangan sebuah study case mengenai membuat presentasi untuk melakukan pitching ke partner yang dibentuk kelompok terdiri dari 4 orang. Hasil dari diskusi tersebut dipresentasikan kepada pemateri untuk diberi feedback.

Presentasi materi oleh Putu Kana Narayan
Presentasi pitchdek oleh perwakilan kelompok

Tanggal 25 April 2021 dilanjutkan dengan partnership academy #3 dengan topik knowing the potential partner to maximizing partnership. Kegiatan hari ini diawali dengan sesi games, para peserta begitu antusias, mereka masih bersemangat walau telah melewati 2 kelas sebelumnya. Setelah suasan menjadi sangat ceria dan bersemangat, dilanjutkan dengan penyampaian materi yang dimoderatori oleh Nia Sapitri dengan pemateri Katherine Yuliana Marpaung merupakan Presiden Young On Top Bogor. Katherine membahas mengenai knowing the potential partner to maximizing partnership. Pemateri banyak memberikan insight mengenai jenis-jenis partner yang ada disekitar, seperti apa partnership yang optimal, cara komunikasi dengan partner serta tips and trik mengetahui partner yang sesuai dengan kegiatan kita.

Presentasi materi oleh Katherine Yuliana Marpaung
Sesi foto bersama

Setiap sesi ditutup dengan ucapan apresiasi kepada pembicara dan peserta kemudian dilanjutkan dengan sesi dokumentasi. Harapannya Partnership Academy ini dapat membantu pembekalan teman-teman local committee untuk menjalankan partnership di local committee. Kegiatan ini tidak akan sukses tanpa dukungan teman-teman Quality board of Partnership IAAS Indonesia sebagai panitia, pembicara yang luar biasa dan peserta yang antusias sehingga tak terbilang rasa terima kasih atas waktu yang telah diberikan untuk Partnership Academy 2021. Sampai jumpa di acara partnership academy tahun depan tentunya dengan tema dan pembicara yang lebih menarik. Jangan sampai ketinggalan infonya ya.

Written by

Asiyatur Rosyidah

Quality Board of Partnership 2021/2022

aisyaturrosyidah574@gmail.com

IAAS,

Think Globally, Act Locally!

IAASIndonesia
IAASIndonesia
International Association of Students in Agricultural and Related Sciences (IAAS) is the World Biggest Student Association in The Field of Agriculture and Related Sciences. IAAS was founded in 1957 and started with only 8 member countries.For the last 60 years, IAAS has grown into a big organization with 53 member countries and more than 10,000 active members. IAAS Indonesia was found by Mr. Arif Satria on December 29th 1992. By the year of 2020, IAAS Indonesia has 11 Local Committees across the country with more than 1200 active members.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *