fbpx
Press Release Article : #PakaiSampaiHabis, Aksi Nyata Mendukung Sustainable Beauty
June 8, 2022

Partnership Academy : Percepatan Peningkatan Pengetahuan Partnership dalam mewujudkan Partnership yang Tepat dan Berkelanjutan

Yogyakarta, 05 Juni 2022 – Partnership Academy merupakan salah satu kegiatan yang diadakan untuk memfasilitasi member IAAS Indonesia dalam menjalin partnership atau kerjasama dengan pihak-pihak terkait. Pada tahun 2022, Partnership Academy mengangkat tema besar “A Guide of Good Partnership” tema ini dipilih karena memiliki urgensi yang sering dirasakan. Partnership Academy ini diadakan selama dua hari berturut-turut yaitu pada Sabtu, 28 Mei dan Minggu, 29 Mei dengan sub tema dan bahasan yang berbeda. Pada hari pertama diisi oleh Agnes Da Lourdes selaku Team Leader of Business Development AIESEC di Universitas Brawijaya dengan tema Reaching Out Partners in Shock Condition. Pada hari kedua diisi oleh Putu Kana Narayan selaku Vice Director of Partnership IAAS Indonesia 2020-2021.

Partnership atau kemitraan bukanlah hal yang asing lagi bagi organisasi. Menurut Jane dalam jurnalnya, partnership merupakan hubungan strategis yang dibangun antara mitra atau perusahaan-perusahaan untuk mencapai tujuan yang telah disepakati, menguntungkan pihak yang terkait, dan tingkat saling kebergantungan yang tinggi. Melalui kegiatan kemitraan yang terjalin tentunya berpengaruh dengan keterlaksanaan program yang telah dirancang. Namun, nyatanya dalam menjalin kemitraan ada banyak tantangan dan masalah yang dihadapi apalagi di era digital saat ini.

Partnership Academy hadir untuk membantu memberikan pengalaman dan pembelajaran dalam bermitra yang baik dan benar sehingga kemitraan yang terjalin dapat terus berlanjut. Selain itu, juga membekali member IAAS Indonesia agar semakin baik dalam berpartner. Pada pertemuan pertama, mengangkat tema Reaching Out Partners in Shock Condition dengan inti materi langkah dalam mencari partner yang sesuai dengan yang kita butuhkan, langkah menghubungi partner, tips dan trik dalam presentasi program yang ditawarkan hingga cara menghadapi kondisi yang tidak terduga dari partner. Agnes Da Lourdes dalam pemaparan materinya menyampaikan bahwa terdapat 3 hal yang penting dalam menjaga kemitraan. “Dalam menjalin kemitraan kita perlu memperhatikan keadaan mitra, kebutuhan mitra, dan kesepahaman terkait kesepakatan yang dibuat. Hal ini penting karena kita akan bekerjasama dan kolaborasi dalam menyukseskan kegiatan atau program yang telah dirancang dan disepakati, tentunya kemitraan yang terjalin dapat berjalan dalam waktu yang lama.”

Sementara itu, pada hari yang kedua mengangkat tema How to Maintain A Good Partnership. Pada pertemuan ini disampaikan cara menjalin komunikasi yang baik dan menyenangkan agar terus berkelanjutan, membuat laporan pelaksanaan kegiatan dan langkah-langkah yang dapat diterapkan dalam menghadapi partner yang sulit dihubungi. Dalam penyampaian materi Putu Kana menyampaikan bahwasanya “komunikasi dengan mitra merupakan seni, terdapat metode dan langkah yang tepat dan perlu diperhatikan agar partner memiliki kepercayaan untuk bermitra dengan kita dan selalu ingat keberlanjutan di kegiatan lain atau kepengurusan partnership IAAS Indonesia selanjutnya.”

Komunikasi merupakan hal yang sangat penting dalam berpartner, mengingat komunikasi menjadi tombak utama sebagai penghubung antara kita dengan pihak partner. Komunikasi yang dibangun dengan partner berpengaruh terhadap keberlanjutan dan kualitas partnership yang dilaksanakan. Partnership Academy berharap agar selanjutnya member IAAS Indonesia ataupun partisipan yang terdiri dari perwakilan MP dan PRP di setiap LC dapat menerima dan menerapkan pengetahuan yang telah didapatkan.

Tentang Partnership Academy

Partnership Academy adalah kegiatan yang diselenggarakan oleh Quality Board Partnership IAAS Indonesia untuk mengulas dan berdiskusi terkait materi seputar partnership dan seluk beluk permasalahan yang sering dihadapi.

Tentang AIESEC

AIESEC adalah organisasi global yang melibatkan pemuda (dalam hal ini mahasiswa) dalam berjuang untuk mencapai perdamaian dan pemenuhan potensi umat manusia dengan mengaktifkan kualitas kepemimpinan di kalangan pemuda. AIESEC tersebar di 114 negara dan wilayah, termasuk Indonesia.

Tentang IAAS Indonesia

IAAS (International Association of Students in Agricultural and Related Sciences) adalah organisasi kemahasiswaan bidang pertanian dan ilmu terkait terbesar di dunia yang telah tersebar di 50 negara, termasuk Indonesia yang sudah berada di 10 kota. IAAS Indonesia berupaya untuk menjadikan Pertanian “Seksi” di mata generasi muda Indonesia dengan membuat proyek, program pertukaran, dan kampanye kreatif.

Kontak:

Alleluia Maria Anugrah K

Quality Board of Partnership

+62 896-0162-3807

alleluia.maria.am@gmail.com

Daftar Pustaka

Jane, O. (2011). Analisis Potensi Partnership sebagai Moda untuk meningkatkan Kapabilitas Inovasi dan Teknologi. Jurnal Administrasi Bisnis, 7(2).

IAASIndonesia
IAASIndonesia
International Association of Students in Agricultural and Related Sciences (IAAS) is the World Biggest Student Association in The Field of Agriculture and Related Sciences. IAAS was founded in 1957 and started with only 8 member countries.For the last 60 years, IAAS has grown into a big organization with 53 member countries and more than 10,000 active members. IAAS Indonesia was found by Mr. Arif Satria on December 29th 1992. By the year of 2020, IAAS Indonesia has 11 Local Committees across the country with more than 1200 active members.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *