fbpx

Apa itu Youth Agricareture?

Youth Agricareture atau YACT adalah sebuah social project yang diinisiasi oleh IAAS Indonesia dan bertujuan untuk meningkatkan kepedulian pemuda terhadap dunia pertanian. YACT sudah diselenggarakan sejak tahun 2016 dengan tema “Pulses of the Year”, tahun 2017 mengangkat tema “Zero Hunger”, tahun 2018 mengangkat tema “Food Diversification”, sedangkan tahun 2019 mengangkat tema “Zero Waste”. Tahun ini (2020), YACT mengangkat tema tentang “Good Farm Good Food” 

YACT dilaksanakan secara serempak oleh 11 Local Committee IAAS Indonesia, yaitu Institute Pertanian Bogor, Universitas Padjajaran, Universitas Diponegoro, Universitas Gadjah Mada, Universitas Sebelas Maret, Universitas Brawijaya, Universitas Mataram, Universitas Lambung Mangkurat, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Universitas Jember, dan Universitas Udayana.

Pemuda yang berpartisipasi secara langsung dalam kegiatan YACT disebut sebagai Volunteer. Volunteer akan mendapatkan materi dan pengarahan dari panitia IAAS di masing-masing Local Committee.

Apa saja yang akan kita lakukan?

1. YACT Goes to School

Volunteer akan diajak untuk melakukan edukasi kepada siswa-siaswa dari sekolah di sekitar Local Committee. Kegiatan yang dilakukan dapat berupa presentasi materi. Kemudian akan dilanjutkan dengan Focus Group Discussion (FGD) ke dalam kelompok yang lebih kecil. Volunteer akan berperan sebagai fasilitator diskusi. Hasil FGD dari setiap kelompok akan dipresentasikan. Selain itu, YACT Goes to School juga dapat diselingi dengan games, kuiz, demo, dan sebagainya tergantung lokasi Local Committee yang diikuti.

2. YACT Goes to VCP

Village Concept Project (VCP) adalah sebuah social project yang diinisiasi oleh IAAS Indonesia dan bertujuan untuk meningkatkan standar hidup masyarakat desa. VCP kami terletak di 10 kota dan diorganisir oleh Local Committee. YACT Goes to VCP memberikan kesempatan kepada para volunteer untuk lebih banyak belajar secara langsung mengenai kehidupan masyarakat desa, khususnya terkait pertanian dan pangan. Kegiatan yang dilakukan antara lain pemberdayaan masyarakat, edukasi, dan kegiatan yang beterkaitan dengan pertanian dan lingkungan berkelanjutan.

Call for Volunteer Yact 2020

Experiencial Learning, Pandangan Baru terhadap Pertanian, Relasi, Kesempatan Berbagi dan Mengabdi, Konsumsi, Sertifikat

Pemuda berusia 17-25 tahun, mengikuti semua alur pendaftaran dan bersedia mengikuti semua kegiatan YACT

Tanggal 19 Oktober sampai 1 November 2020

YACT dilaksanakan secara serempak oleh11 Local Committee IAAS Indonesia, yaitu Institute Pertanian Bogor (Bogor), Universitas Padjajaran (Bandung), Universitas Diponegoro (Semarang), Universitas Gadjah Mada (Yogyakarta), Universitas Sebelas Maret (Solo), Universitas Brawijaya (Malang), Universitas Mataram (Mataram), dan Universitas Lambung Mangkurat (Banjarmasin), Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (Yogyakarta), Universitas Jember (Jember), dan Universitas Udayana (Bali).

Tidak ada biaya yang ditanggung Volunteer saat melakukan pendaftaran. Ketika sudah diterima sebagai Volunteer, biaya yang dibayarkan Volunteer sesuai dengan ketentuan masing-masing Local Committee.

Mengisi Google Form di link masing-masing Local Committe Kamu:

bit.ly/VolunteerYACTUndip
bit.ly/VolunteerYACTUnpad
bit.ly/VolunteerYACTIPB
bit.ly/VolunteerYACTUGM
bit.ly/VolunteerYACTUB
bit.ly/VolunteerYACTUNS
hbit.ly/VolunteerYACTUnram
bit.ly/VolunteerYACTULM

Silahkan hubungi Contact Person Local Committee dibawah ini:

Hanna Bella

(Vice Director of Project and Sciences)

Email: vdps.iaasindonesia@gmail.com

IAAS (International Association of Students in Agricultural and Related Sciences) is the world biggest student organization in the field of agriculture and related sciences. IAAS was founded in 1957 and started with only 8 member countries.For the last 60 years, IAAS has grown into a big organization with 53 member countries and more than 10,000 active members. IAAS Indonesia was found by Mr. Arif Satria on December 29th 1992. By the year of 2015, IAAS Indonesia has 11 Local Committees across the country with more than 1200 active members